tviexpress,tviauto, tvi, tvi-auto.blogspot
On Selasa, 27 April 2010 0 komentar

Java menurut definisi dari sun adalah nama untuk sekumpulan teknologi
yang membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone
ataupun pada lingkungan jaringan.  Untuk membuat suatu aplikasi pada handphone yang berbasis Java maka digunakan J2ME (Java 2 Micro Edition).

Penjelasan J2ME :

J2ME(Java 2 Micro Edition) adalah sebuah teknologi yang telah banyak
digunakan dalam pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai aplikasidari permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih besar seperti aplikasi enterprise. Pada J2ME, jika perangkat lunak berfungsi baik pada sebuah perangkat maka belum tentu juga berfungsi baik pada perangkat yang lainnya. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME adalah bagian dari J2SE, karena itu tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME. Tetapi J2ME mempunyai beberapa library khusus yang tidak dimiliki J2SE. J2ME juga mendukung multimedia.

Penjelasan Games :

Kita mencoba membuat aplikasi permainan yang diberi nama Jet Plane yang diimplementasikan pada perangkat selular.

Sebelum permainan dimulai, terdapat tampilan menu pilihan musik yang
dapat dipilih oleh user sebagai backsound permainan, sehingga user dapat bermain sambil menikmati musik yang telah dipilih. Jika musik sudah selesai tetapi permainan belum berakhir, maka musik yang telah dimainkan akan mengulang kembali sampai permainan berkahir. Adapun cara memainkan aplikasi permainan Jet Plane ini ialah dengan menembaki musuh yang ada. Jika peluru yang ditembakkan mengenai musuh, maka scorenya akan bertambah lima (5) point. Sedangkan jika tidak mengenai musuh dan pesawat tertabrak oleh musuh, maka power pesawat akan berkurang sebanyak sepuluh (10) point dari jumlah power yang dimiliki oleh pesawat pada awal permainan adalah sebesar seratus (100) point. Apabila power pesawat habis, maka permainan berakhir. Musuh pada aplikasi permainan Jet Plane ini tidak berupa pesawat melainkan meteor atau bisa disebut juga bola api.

Tampilan awal menu :

Tampilan menu pilih musik :

Tampilan saat games berjalan :

Kelas-kelas yang Terbentuk :

Program ini terdiri dari beberapa kelas, dimana diantara kelas-kelas
tersebut, terdapat satu kelas utama yang berfungsi sebagai kelas pertama yang akan memanggil sub-sub kelas dari kelas utama tersebut. Adapun, kelas-kelas tersebut ialah :  Arena,  Bomb,  Bullet,  Explo,  Jet,  FormOption, Informasi dan MenuUtama.

Flowchart games :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

dbc network,peluang bisnis,oriflame

ebook,tip internet,sukses internet