tviexpress,tviauto, tvi, tvi-auto.blogspot
On Senin, 10 Mei 2010 0 komentar

Bola.net - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyediakan dana sebesar Rp1,5 triliun untuk menyukseskan tuan rumah pelaksanaan SEA Games ke-26 tahun 2011.

"Dana yang disediakan tersebut bukan berasal dari APBD, melainkan memanfaatkan kerja sama dengan pihak ketiga yang bersedia ikut berpartisipasi," kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pada acara peluncuran Kartu Pegawai Elektronik (KPE), di Palembang, Rabu.

Alex mengemukakan, dana yang disediakan untuk SEA Games tersebut sama sekali tidak memanfaatkan APBD, melainkan atas partisipasi pihak ketiga, seperti untuk membangun sejumlah fasilitas olahraga dan fasilitas pendukung lainnya.

Contohnya untuk membangun perkampungan atlet, lapangan tembak dan kolam renang bertaraf internasional, semuanya atas partisipasi pihak ketiga, kata dia lagi.

Sedangkan pemerintah pusat melalui APBN, menurut Alex, hanya memberikan bantuan Rp200 miliar.

"Artinya, kalau dilihat dari partisipasi tersebut, ternyata Sumsel lebih siap menjadi tuan rumah penyelenggara SEA Games 2011," ujar dia pula.

Menurut Alex, kesiapan itu dibuktikan, dari empat provinsi tempat penyelenggara SEA Games itu, yakni Jateng, Jabar, dan DKI Jakarta serta Sumsel, baru Sumatera Selatan akan memiliki perkampungan atlet yang diharapkan sebulan atau dua bulan sebelum pelaksanaan sudah selesai dibangun.

Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang didukung pemerintah kabupaten dan kota lainnya di Sumsel, menurut dia, siap mendukung pelaksanaan SEA Games yang diyakini dapat dilaksanakan di provinsi berpenduduk tujuh juta jiwa ini.

Pada SEA Games mendatang, Sumsel mendapat kepercayaan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan 19 cabang olahraga dari 38 cabang dipertandingkan.

Namun demikian, jika pemerintah pusat mempercayakan seluruh cabang olahraga dipertandingkan di Sumsel, diyakini provinsi tersebut akan siap dengan mendapat dukungan pihak pemkot/pemkab dan masyarakat, katanya lagi.

Sumsel juga berambisi sekaligus menjadi tempat pembukaan maupun penutupan SEA Games tersebut.

Sebelumnya, DPR RI telah menyepakati pula agar pelaksanaan SEA Games ke-26 itu tetap dilaksanakan pertandingannya di empat provinsi sesuai dengan Keppres. Namun untuk menghemat biaya, diharapkan agar pelaksanaan pembukaan dan penutupan ditetapkan di satu lokasi saja.

Namun hingga kini belum dipastikan lokasi pembukaan dan penutupan SEA Games itu, tetap di Jakarta atau salah satu dari tiga daerah lainnya. (ant/cax)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

dbc network,peluang bisnis,oriflame

ebook,tip internet,sukses internet